Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Serentak Tahun 2019

kab-kepulauanseribu.kpu.go.id,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu secara resmi menggelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Serentak Tahun 2019 pada 1 Oktober 2018. Bertempat di Plaza Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, acara dibuka oleh Ketua KPU Kepulauan Seribu, Murhofik, SE. Dalam sambutannya, Murhofik mengingatkan bahwa pada saat ini kita sudah memasuki tahapan Pemilu 2019, yaitu masa kampanye yang telah dimulai pada tanggal 23 September 2018 dan akan berakhir pada masa tenang, tanggal 13 April 2019. Untuk itu, Ketua KPU Kepulauan Seribu menghimbau agar para peserta pemilu dapat memberikan pendidikan politik kepada pemilih dan meningkatkan partisipasi pemilih di Kepulauan Seribu seperti pada Pemilihan Kepala Daerah tahun 2017 ketika kabupaten ini tercatat sebagai daerah dengan tingkat partisipasi politik paling tinggi di DKI Jakarta, mencapai 82%. Sebagai bentuk upaya KPU meningkatkan partisipasi pemilih, Murhofik menginformasikan bahwa saat ini KPU juga mempunyai program khusus pemutakhiran data pemilih yang dikenal dengan nama Gerakan Mendukung Hak Pemilih (GMHP). Data pemilih ini masih bisa diperbaiki hingga 28 Oktober.


Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah deklarasi kampanye damai oleh Ketua KPU Kepulauan Seribu yang diikuti oleh seluruh peserta pemilu. Pembacaan yang diikuti dengan penandatanganan deklarasi damai oleh ketua partai politik Kepulauan Seribu dan liaison officer (LO) calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi DKI Jakarta ini disaksikan oleh Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Seribu, anggota Bawaslu Kabupaten Kepulauan Seribu, Bupati Kabupaten Kepulauan Seribu, Kapolres dan Danramil Kabupaten Kepulauan Seribu.


Selain para ketua partai politik Kabupaten Kepulauan Seribu, tampak hadir dalam Deklarasi Kampanye Damai ini, yaitu liaison officer (LO) calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi DKI Jakarta; calon anggota DPD Provinsi DKI Jakarta, Drs. Sumarno, M.Si; Bupati Kabupaten Kepulauan Seribu, Drs. H. Husein Murad; Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Viktor Siagian, SIK, M.Si; Danramil Kepulauan Seribu, Mayor Infanteri Syafrudin M; Anggota Bawaslu Kepulauan Seribu; tokoh masyarakat; dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kepulauan Seribu. Berbagai arahan diberikan kepada seluruh peserta demi terwujudnya pemilu yang damai, jujur, dan adil, diantaranya dari Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Viktor Siagian, SIK, M.Si dan Danramil Kepulauan Seribu, Mayor Infanteri Syafrudin M.


Setelah foto bersama, acara dilanjutkan dengan arahan dari Bupati Kepulauan Seribu, Drs. H. Husein Murad. Dalam arahannya, Bupati berharap agar seluruh peserta pemilu dan penyelenggara pemilu taat kepada peraturan perundangan yang berlaku. Selain itu, beliau juga menegaskan agar selama proses kampanye ini, seluruh peserta pemilu, baik partai politik, calon anggota DPD Provinsi DKI Jakarta, dan calon anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta dapat memberikan pendidikan politik yang bermartabat kepada masyarakat pemilih. Sehingga pada akhirnya, Pemilu Serentak Tahun 2019 dapat sungguh-sungguh menjadi sarana berdemokrasi yang akan membawa Indonesia, khususnya Kabupaten Kepulauan Seribu, menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Tidak lupa, dalam acara deklarasi kampanye damai Kabupaten Kepulauan Seribu ini secara khusus dipanjatkan doa sebagai bentuk keprihatinan atas musibah tsunami yang terjadi di Palu, Donggala, dan sekitarnya. Sambutan dan doa bersama ini sekaligus menutup seluruh rangkaian acara Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Serentak Tahun 2019 ini.