KPU Kepulauan Seribu Serahkan Berkas dalam Penyelesaian PHPU Pileg 2019

kab-kepulauanseribu.kpu.go.id,- Pemilihan Umum 2019 yang telah selesai dilaksanakan menyisakan beberapa gugatan dari peserta Pemilu. Seperti yang kita ketahui PHPU Pilpres telah dirampungkan dengan Pembacaan Putusan MK pada 27 Juni 2019 lalu yang pada pokoknya berisi Mahkamah Konstitusi menolak seluruh gugatan yang diajukan oleh Pemohon dalam hal ini Pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 02. Dengan Putusan tersebut KPU sebagai Termohon melanjutkan Tahapan Pemilu 2019 dengan Menetapkan Pasangan Capres dan Cawapres Terpilih yang telah dilaksanakan pada 30 Juni 2019 lalu bertempat di Gedung KPU RI Imam Bonjol.

Untuk saat ini KPU tengah menghadapi gugatan PHPU yang diajukan oleh sejumlah peserta Pemilu Legislatif. Untuk menjawab gugatan dari para Pemohon, KPU dan jajarannya menyiapkan sejumlah berkas yang diperlukan. KPU RI berkoordinasi dengan seluruh jajaran KPU hingga tingkat Kabupaten/Kota.

Bertempat di Hotel Grand Mercure Harmoni, KPU RI mengundang seluruh jajaran KPU dalam Fasilitasi Penyelesaian Perselisihan Hasil Pemilihan Umum. Dalam acara tersebut KPU Kepulauan Seribu menyerahkan dokumen DB dan DB1 DPR dan DPRD. Penyerahan dokumen tersebut didasari adanya gugatan Pemilihan Legislatif DPR RI Dapil DKI Jakarta III oleh Partai Golkar dan Gerindra, serta DPRD Dapil II DKI Jakarta oleh Partai Demokrat.

Hingga Jum'at 5 Juli 2019 lalu KPU telah menyelesaikan penyusunan berkas yang akan digunakan sebagai jawaban atas gugatan yang diajukan oleh para Pemohon.