Evaluasi Mengenai Fasilitasi Kampanye Pemilu Serentak 2019

kab-kepulauanseribu.kpu.go.id,- Pada tanggal 31 Juli 2019, KPU Kepulauan Seribu telah menyelenggarakan Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu Serentak Tahun 2019 di Ruang Rapat Lantai 2 Gedung Mitra Praja, Jakarta Utara. Pada kesempatan ini, KPU Kepulauan Seribu mengundang para stakeholder yang terlibat dalam proses tahapan pemilu untuk melakukan evaluasi terkait tahapan kepemiluan, khususnya pada pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK). Dengan adanya beberapa pihak yang tidak mengambil APK saat proses kampanye berlangsung, hal inilah yang membuat KPU Kepulauan Seribu ingin mendengar pendapat sekaligus evaluasi dari pihak yang terlibat dalam proses pemilu 2019.
Ketua KPU Kepulauan Seribu, Murhofik mengatakan, pada prinsipnya, ada perbedaan regulasi pemasangan APK pada pemilu tahun 2019. Jika pada pemilu sebelumnya, APK dicetak sendiri oleh peserta pemilu, pada pemilu tahun ini APK juga dicetak oleh pihak KPU. Beberapa masukan yang disampaikan oleh peserta rapat hari ini adalah sebagai berikut
1. Perluasan wilayah kampanye dan spot untuk pemasangan APK.
2. Membantu mewadahi kampanye para calon lebih luas lagi dengan memanfaatkan media sosial agar masyarakat bisa lebih mengenal para calon wakil rakyatnya dan visi misi yang disampaikan lebih jelas.
3. Informasi yang terdapat pada APK yang disediakan oleh KPU dibuat lebih jelas yang memuat profil calon beserta latar belakang agar masyarakat tidak mudah termakan isu yang tidak benar/ hoax.
4. KPU diharapkan dapat mengelola APK yang disediakan dari mulai pengadaan, pemasangan, hingga perawatan. Hal ini mengurangi risiko menyalahi aturan apabila dipasang sembarangan oleh peserta pemilu.

Masukan yang diberikan oleh tamu undangan yang hadir diterima dengan baik oleh KPU dan akan disampaikan pada KPU RI sebagai bahan evaluasi. Beberapa masukan juga sudah ditanggapi langsung oleh Murhofik selaku ketua. KPU Kepulauan Seribu mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan agenda pemilu serentak 2019. Semoga masukan yang diberikan pada forum hari ini dapat dijadikan bahan evaluasi dan pembelajaran untuk pemilu yang akan datang. KPU Kepulauan Seribu juga memberikan kenang-kenangan simbolis berupa plakat kepada Bupati Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Polres Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, dan Bawaslu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu sebagai ucapan terima kasih atas kerja samanya selama proses Pemilu Serentak tahun 2019.

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mbstring' - /opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mbstring: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: