Rapat Pleno Terbuka Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan di Kepulauan Seribu

kab-kepulauanseribu.kpu.go.id,- Pada tanggal 13 September 2018 bertempat di Gedung Mitra Praja Lantai 2 Kantor KPU Kepulauan Seribu mengadakan Rapat Pleno Terbuka DPT Hasil Perbaikan. Pada acara tersebut dihadiri oleh BAWASLU, Parpol Peserta Pemilu 2019, dan Instansi terkait Pemerintahan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.


Pada rapat pleno dijelaskan secara detail perubahan yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Kepulauan Seribu terhadap DPT Pemilu 2019, yakni penghapusan pemilih tidak memenuhi syarat, pendataan pemilih memenuhi syarat yang belum terdaftar, dan perbaikan elemen data pemilih.


Seperti yang dijelaskan oleh Ketua POKJA Pemutakhiran Data Pemilih, Muammar Kadafi, S.IP., penghapusan pemilih tidak memenuhi syarat diantaranya ialah pemilih ganda, dimana setelah dilakukan pencermatan mandiri dan verifikasi langsung di lapangan oleh PPK dan PPS, terdapat 16 pemilih yang dinyatakan ganda, sedangkan pemilih ganda hasil temuan BAWASLU Kabupaten sebanyak 24 pemilih, tidak dinyatakan ganda.


Pada kesempatan tersebut, pihak Sudin Dukcapil juga menjelaskan terkait progres perekaman KTP Elektronik yang sudah dilakukan untuk menjawab pertanyaan dari BAWASLU dan Parpol Peserta Pemilu 2019 Kabupaten terkait pemilih model AC . Sekitar 90% sudah melakukan perekaman, sedangkan yang belum merekam dikarenakan lebih banyak beraktifitas di luar wilayah Kepulauan Seribu.


Dengan tidak adanya keberatan terhadap proses hasil perubahan DPT 2019, maka KPU Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu menetapkan DPT HasiL Perbaikan sebanyak 18390 pemilih.


Selain itu, hal yang tidak kalah penting ialah para peserta yang hadir saling mengingatkan untuk menjaga soliditas, integritas, dan profesionalitas agar pelaksanaan pemilu 2019 di Kepulauan Seribu berjalan sukses, aman, sejuk, dan damai.